Dongeng “Kura-kura Dan Katak”

Dahulu kala di tengah hutan terdapatlah sebuah danau yang indah dan tenang,binatang di sekitar hutan sangat senang tinggal dekat danau tersebut.

Di sebelah timur danau dihuni oleh sekawanan kura-kura,mereka hidup damai dan tentram di dalamnya.

Mereka dipimpin oleh seekor kura-kura yang terkenal berani,Kore namanya.Teman-temannya menghormati si Kore.Selain karena berani ia juga suka menolong teman-temanya yang kesusahan.

Sebelah barat danau didiami oleh sekumpulan katak.Keluarga katak sangat senang sekali di danau ini karena makanan banyak melimpah.

Kelompok katak dipimpin si Kote.Ia dikenal sebagai katak yang berani namun ia juga dikenal sombong.Teman-temannya takut kalau si Kote marah maka menurut saja apa yang dikatakan si Kote.

Pada awalnya kelompok katak dan kura-kura hidup damai,saling menghormati.Mereka dapat hidup berdampingan ,sampai suatu hari…..

Kote merasa danau ini harus ada yang memimpin dan ia merasa pantas untuk memimpin hewan di sekitar danau.Si Kote menantang kelompok kura-kura bertanding.Siapa yang menang berartiia berhak untuk menjadi pimpinan di danau.Si Kore sebagai pimpinan kura-kura menerima tantangan tersebut.

Tantangan pertama adalah siapa yang paling kuat untuk menyelam ke dasar danau.Kore dan Kote  bertanding.Namun Kote kehabisan napas.

“Hore aku menang!”kata si Kore,kelompok kuara-kura kegirangan.

“Satu kosong untuk si Kore!”teriak para kura-kura.

Lomba berikutnya adalah:siapa yang cepat lari mengitari danau.Kote berlari dengan melompat-lompat,ia mendahului si Kore.Tampak si Kore kelelahan menyusul si Kore.

“Hore si Kotemenang!”kata kelompok katak.Sekarang kedudukannya satu sama kata mereka lagi.Namun apa lagi ya lomba yang akan diadakan?

Tiba-tiba datanglah seekor sapi yang hendak minum di danau.Serentak katak dan kura-kura mencari tempat yang aman.Takut keinjak katanya.

Semua bersembunyi kecuali si Kote.”Hai para katak,sekarang mari kita tentukan pemenang diantara kita.Siapa di antara kalian yang badannya dapat membesar menyerupai sapi,dialah pemenangnya,”kata si Kote.”Hai Kote kami kira itu hal mustahi,”kata si Kore.”Iya,,,lebih baik pertandingan ini diakhiri saja!”kata teman-teman katak yang lain.

Namun si Kote yang sombong tidak menghiraukan nasihat temannya.Dalam pikirannya ia bisa membesar sebesar sapi.Ditahannya napas sampai tubuhnya membesar.Lama-kelamaan tubuh si Kote membesar.Tiba-tiba,Duar…1 Tubuh si Kote pecah dean si Kote pun mati.

Sejak kejadian itu kura-kura dan katak berdamai.Mereka kini hidup berdampingan dan tidak ada rasa iri di antara mereka.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: